HUMANIORA - (23/12/2022) Tingkat kesesuaian hasil pembelajaran dengan tujuan pembelajaran menjadi salah satu indikasi keberhasilannya. Dalam teori Taksonomi Bloom, tingkat keterampilan yang paling tinggi dalam pembelajaran adalah kemampuan peserta didik dalam mengkreasikan pemahaman dalam produk keilmuan yang relevan.
Begitulah hasil pembelajaran dalam matakuliah Stylistics pada Program Studi Sastra Inggris Fakultas Humaniora di semester ganjil tahun akademik 2021/2022. Beberapa mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini mampu mengkreasikan dan menghasilkan artikel yang dipublish pada jurnal bereputasi nasional.
Sebanyak 13 mahasiswa mampu menghasilkan artikel dengan topik Stylistics yang diampu oleh Irham, M.A. Semula, artikel mahasiswa merupakan tugas mata kuliah dimana masing-masing mahasiswa menganalisa fenomena stilistika bahasa. Kemudian setiap artikel dibimbing dan diberi masukan oleh dosen yang bersangkutan hingga disubmit di jurnal nasional.
Hasilnya, sangat membanggakan. Sejumlah artikel telah dinyatakan diterima dan dipublish pada beberapa jurnal setelah lolos penilaian reviewer. Beberapa artikel tersebut berjudul:
A Transitivity Analysis of the Character's Actions in Joseph Jacobs's Fairy Tales ditulis oleh Ahmad Faizin, Hafidzatul Azizah, dan Putu Zahra Amalia Atiyoti Jwalita. https://doi.org/10.22146/lexicon.v9i2.66653
Analysis of Language Style in the Novel "Cinta di Dalam Gelas” by Andrea Hirata ditulis oleh Lilis Mufarida, Fido Dio Aji Firmansyah, Aghnaz Zida Tanafashya, dan Handika Dewa Tengku Firmansyah. https://doi.org/10.24036//jbs.v10i1.114828
Analisis Gaya Bahasa pada Puisi Dengan Puisi Aku Karya Taufiq Ismail ditulis oleh Nabilah Rosyadah, Ivo Puspita Sari, Amelia Zahwa K.F, dan Yuriska Elsya Adilia. https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.124
The Representation of Multicultural Education in Film “Raya and The Last Dragon” ditulis oleh Muflikhah Ulya dan Muhammad Altaf Rezaian. https://doi.org/10.30595/pspfs.v3i.265
Saat diwawancarai oleh Tim Infopub Fakultas Humaniora terkait sukses publishnya artikel mahasiswa di jurnal bereputasi nasional tersebut, Irham, M.A. menyatakan bahwa publishnya artikel ini tidak lepas dari penguasaan pengetahuan mereka di bidang linguistik. Di samping itu, mereka juga memiliki keuletan dan keseriusan dalam mengikuti mata kuliah.
“Anak-anak memiliki potensi yang luar biasa. Mereka butuh diarahkan dan dibimbing. Dan hasilnya, tulisan mereka luar biasa, bisa publish di jurnal bereputasi nasional,” pungkas dosen muda kelahiran tanah Madura ini. [ai]