Bahas Linguistik Terapan di Global South, Karya Dosen Humaniora Terbit di Book Chapter Internasional

HUMANIORA (27/3/2025) Tiga dosen Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Ribut Wahyudi, Ph.D., Mira Shartika, M.A., dan Mazroatul Ishlahiyah, M.Pd., kembali menunjukkan kiprahnya di kancah akademik internasional. Mereka berhasil menerbitkan sebuah book chapter dalam buku seri Multilingual Education (MULT, volume 49) yang diterbitkan oleh Springer, salah satu penerbit akademik terkemuka di dunia. Book chapter ini mengangkat isu-isu inovatif dalam Linguistik Terapan dari perspektif Global South, dengan fokus pada pengajaran bahasa Inggris bagi mahasiswa multibahasa di Indonesia.

Baca juga:

Artikel yang mereka tulis berjudul “Using Applied Linguistics from the Global South as a Reflection and Consideration to Teach English Courses for Multilingual Students at an Indonesian Islamic University”. Dalam tulisan ini, mereka mengeksplorasi gagasan yang dikembangkan dalam buku Innovations and Challenges in Applied Linguistics from the Global South karya Pennycook dan Makoni (2020). Buku ini menyoroti bagaimana epistemologi dari Global South, termasuk konsep Multilingualisme Selatan dan bahasa sebagai neplanta (ketidakstabilan di antara entitas bahasa), dapat memberikan perspektif baru dalam pendidikan bahasa.

Melalui penelitian mereka, para dosen Fakultas Humaniora ini berupaya menghubungkan teori dalam buku tersebut dengan praktik pengajaran bahasa Inggris di lingkungan perguruan tinggi Indonesia yang multikultural dan multibahasa. Mereka menyoroti pentingnya pendekatan translingual dan plurilingual dalam kelas, yang memungkinkan mahasiswa untuk menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa daerah mereka sebagai bagian dari proses belajar-mengajar. Konsep ini didukung oleh penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Wahyudi (2018, 2023a), yang menekankan bagaimana praktik translanguaging dapat digunakan untuk mengekspresikan identitas, emosi, serta membangun keadilan sosial dalam pendidikan bahasa.

Penerbitan book chapter ini tidak hanya menegaskan kontribusi akademisi Indonesia dalam kajian Linguistik Terapan, tetapi juga memperkaya wacana mengenai inklusivitas, multibahasa, dan multikulturalitas dalam pembelajaran bahasa di Global South. Dengan membangun diskusi dialektis antara teori dan praktik, karya ini diharapkan dapat menjadi referensi berharga bagi para pengajar bahasa di berbagai negara yang menghadapi tantangan serupa.

Bagi akademisi dan praktisi pendidikan yang ingin mengakses tulisan ini, book chapter tersebut dapat ditemukan melalui situs Springer pada tautan berikut: https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-031-76043-3_8.

 

 

 

 

 

 

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id